Ziarah rohani ke Rawaseneng

Standard

“Jalanmu bukan jalanKu, sabda Tuhan, seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu.”

Itulah sabda Tuhan yang menunjukkan betapa besar kuasa Tuhan atas hidup manusia. Bak kata pepatah. Man Proposed, God Dispossess..

Demikianlah yang banyak dialami oleh para frater dan romo pertapa St. Maria Rawa Seneng, Temanggung. Tuhan yang menuntun mereka menghabiskan sisa hidup mereka dengan hanya berdoa dan bekerja di tempat yang sangat jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Mereka terasing, tetapi mereka bahagia.

Sudah seminggu lamanya saya menanti-nantikan hari itu. Saya merencanakan sebagian hari cuti tahunan saya mengunjungi salah satu biara pertapaan yang letaknya tidak jauh dari kota kelahiran saya, ke Temanggung.

Tujuan saya hanya satu, mendekatkan diri dengan Tuhan dan mengisi waktu cuti saya dengan sesuatu yang menurut saya lebih membuat pikiran, jiwa, raga, dan mental saya lebih sehat. Dan Biara Pertapaan St. Maria Rawaseneng Temanggung menjadi pilihan. 

Dalam hati saya hanya berdoa, Tuhan ijinkan saya mengunjungi rumah ibadahMu. Sambutlah aku, meski aku tidak tahu harus bagaimana memulainya.

Setelah browsing internet dan membaca literatur tentang biara itu, akhirnya entah bagaimana awal mulanya saya bisa menghubungi salah satu frater penerima tamu di biara yang berada di kaki gunung itu.

“Langung datang saja, supaya lebih mudah pakai saja bis OBL minta dianter ke pertapaan. Paling nambah biaya sedikit,” suara Frater Theo di ujung sana sesaat setelah saya meminta masukan bagaiaman perjalanan dari Jakarta menuju Temanggung.

Akhirnya hari yang dinanti tiba juga. Tanggal 19 Juli 2007, tanpa membawa bekal apapun, hanya sekoper baju yang akan saya gunakan selama saya tinggal di biara dan menghabiskan sisa cuti tahunan saya di rumah orang tua, saya berangkat.

Setelah selama 10 jam menempuh perjalanan dari Jakarta, akhirnya saya sampai juga di kota Temanggung, kota tembakau yang berada di kaki gunung antara Sumbing dan Merbabu ini. Brrrr…dingin!

Setelah lebih kurang satu jam menempuh perjalanan bersama kru OBL, menyodorkan uang tambahan Rp40 ribu, akhirnya saya saya sampai di tempat tujuan. Biara St. Rawaseneng yang terletak di perbukitan Brangkongan Temanggung.

Jam 03.15, gelap, sayup-sayup saya dengar alunan doa yang dipanjatkan dengan iringan musik dan lagu ala Gregorian. Sepintas tidak ada rasa negeri, meski sejurus kemudian sang pengemudi mobil kru OBL langsung meninggalkan saya di lokasi itu. “Saya duluan, mbak..ngeri saya. Kelihatannya wingit (angker) sekali,” ujarnya.

Dengan langkah berani, sendiri, saya datangi sumber suara. Ternyata sumber suara berasal dari balik pintu yang bertuliskan KAPEL. Aahh..ada yang sudah berdoa pagi-pagi buta begini? Ternyata para biarawan tengah melafalkan doa dalam bentuk alunan lagu.

Saya sujud, tunduk, mendengarkan alunan doa para biarawan yang pagi itu tampak mengenakan jubah putih dengan tudung dan lapisan luar warna coklat tua. Tiba-tiba mata saya panas..saya menangis pelan. Tuhan..aku datang.

Sesaat berlalu, saya memasuki kamar berukuran 5×6 yang berkapasitas dua orang. Saya ingat betul, hanya perlu membayar Rp40 ribu untuk akomodasi menginap semalam plus makan tiga kali dan snack dua kali. Aahh..Tuhan memang sangat baik.

Hari pertama saya penuhi hari-hari saya dengan hanya berdoa secara khusuk dan menyapa tamu-tamu biara yang lain. Dalam suasana penuh doa, saya benar-benar merasakan kedekatan dengan Tuhan. Lima hingga enam kali sehari saya berdoa di sini mengikuti tata cara kehidupan kaum pertapa.

Hari kedua, setelah bertemu dengan Romo Vincentius dari Paroki Pangkal Pinang, saya memutuskan untuk berjalan-jalan dan melihat-lihat suasana biara.

Pagi hari, saya berjalan-jalan memasuki komplek biara. Dari pintu masuk komplek, bau harum roti sudah mulai tercium. Maklum, biara ini terkenal dengan produksi susunya. Jadi semua produk turunan susu juga ada. Keju, yogurt, roti kering, hingga aneka selai dan susu segar murni juga ada.

Berbincang-bincang sejenak dengan salah satu Frater di bagian peternakan sapi. “Saya dulunya putus cinta, frustasi terus kepikiran jadi romo. Eee..kok ternyata Tuhan kirim saya ke biara ini. Sudah tujuh tahun saya ada di sini dan saya senang. Tuhan menunjukkan jalan hidup saya yang paling tepat,” ujar frater yang ternyata berasal dari satu kota dengan saya, Magelang.

Lelah berjalan-jalan di peternakan, saya naik ke atas bukit. Ada pemakaman romo dan frater biara, dan ada bukit kecil yang pandangannya jauh ke depan di hamparan sawah dan bukit warna hijau. Aku terharu..Tuhan kirim aku ke tempat seindah ini.

Hari-hari saya selanjutnya banyak diisi dengan bincang-bincang bersama frater dan romo. Setiap perbincangan membuat saya semakin yakin, Tuhan tahu apa yang terbaik untuk hidup kita. Tuhan punya rencana.

Hari selanjutnya saya memutuskan menjelajahi kebun kopi seluas 80 hektar milik biara. Luaaaasss…sekali. Tapi di sela-sela itu ada sumber mata air yang mengalirkan semua kebutuhan air minum di kawasan Rawaseneng.

Sekali lagi saya menikmati pemandangan indah itu, sembari berdoa dalam hati dan bersyukur. Tanpa terasa air mata kembali meleleh.

Setelah dua hari menghabiskan waktu di biara itu, saya benar-benar merasa menjadi manusia baru. Semua menjadi lebih indah dalam hidupku. Ahh..ternyata ini cara Tuhan membuat saya menjadi lebih dekat kepada-Nya.

Akhirnya saya sadar, saya mendapat banyak kenikmatan hidup setelah mengunjungi tempat itu. Hidup saya banyak berubah. Hidup saya benar-benar diperbaharui. I Love U, Jesus..

42 responses »

  1. Dear Friends…

    Saya tertarik dengan kisah kunjungan ke Rawaseneng mbak Wulan… Pengen banget tahun ini bisa mengunjungi daerah tsb.

    Mungkin ada yang bisa bantu akomodasi details-nya bagaimana dari Bogor / Jakarta … GBU

    Thanks so much,
    Francisca A.

  2. Aku tertarik banget sama Rawaseneng.. Disana sangat nyaman. Udaranya sejuk, suasana hening. Para frater n romo juga sangat ramah. Khususnya frater Theo, Romo Klemens, frater Gregorius, frater Blasius. Tapi sayangnya frater Theo pergi ke Belanda, Romo Klemens ke Itali, Frater Greg dah keluar.. Tapi aku tetep seneng kook ksana. Makin sukses yah..

    GBU for Pertapaan n smua frater n romo.. Thx

  3. gbu, memang Tuhan selalu memberi rahmat gratis (gratis gracia) lagi, kita aja yg nggak ngerasa.. hehehe. ke rawaseneng udah nggak kehitung lagi, mbak coba juga di pertapaan gedono (rubiah) …….berkah dalem

  4. hi, i really need your help please tell me how to call to rawaseneng as ive already tried and always fail.

    Wulan please help me because next month i want to go there for pilgrimage. Thank you for your help

  5. Since God touched me and made my life so different, I keep on longing for that moment. Rawaseneng is the best place to review all previous struggle of life, and be renewed in His own will. Thank you Wulan, would you please tell me, is there any new regulation to visit Rawaseneng?

  6. Saya juga sangat tertarik untuk pergi ke sana..
    Apakah mesti konfirm ke Biara terlebih dahulu.?
    Dan mohon petunjuk jalan, jika saya mau naik umum
    Tks…
    GBU….

  7. Kayaknya banyak yang butuh pencerahan soal Rawaseneng yah..hehehe..

    Soal transportasi, paling enak memang naek bis malam Safari Dharma Raya yang tampaknya sudah biasa nganter tamu ke Rawaeneng.

    Selain itu kalau mau nginep dsana memang harus telpon da reservasi tempat dulu mengingat tempatnya terbatas, beum kalau mo ada tamu lain pas liburan suka gk ada tempat. Jangan sampai udah jauh2 kesana gk taunya gk ada tempat…

    Hubungi saja nomer Hp 081328882028

    Saya yakin, ada banyak berkat yang akan diterima dsana.
    Jesus loves u all..

  8. Shalom…Tuk Laskar Kristus di Seluruh BUmi Nusantara….Mari Kunjungi ramai – ramai ke Rawaseneng buktikan akan rahmat karunia allah yang langsung kita rasakan secara langsung melalui teladan kehidupan dan tata cara hidup para Rahib di sana. buktikan juga keidahan pegunungan nan sejuk alami di Rawaseneng. Rawaseneng yang terletak di Sebelah Utara Kota Temanggung memberi warna kehidupan rohani tersendiri bagi berkembangnya iman dan ketenangan jiwa.
    memberi inspirasi untuk melakukan refleksi diri dengan dibantu oleh keadaan sekitara yang mendukung, akan ketenangan, kesejukan udara di waktu pagi dan siang diikuti oleh kicauan burung – burung dan hembusan udara dingin dan kesepian di Malam hari yang akan memberi nuansa berbeda ketika kita hidup sehari – hari di hirup piuknya kehidupan kota.
    Ayo Buktikan ketenangan hidup di ROwoseneng, Pertapaan St. Maria Rowoseneng Temanggung Jawa Tengah.
    Selamat Menikmati Ketenangan di Rowoseneng saya sudah membuktikanny, Terimakasih Tuhan MEmberkati.
    Salam Tuk Semua Laskar Kristus di Bumi Nusantara, tetap semangat, tetap setia pada KRistus. Tuhan memberkati & Berkah Dalem.

  9. ….Tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit, maka dari itu mintalah kepada sang empunya tuaian itu supaya ia mengirimkan pekerja – pekerjanya….

    Aku dengar bisikan swara mu…mengemah lembut di hatimu..sungguh engkau sahabatku jikalah engkau menaati perintahku..pergilah dan sebarkanlah kabar suka citaku..sampai akhir jaman aku sertamu..,Bukannya aku yang memilihmu melainkan engkau yang memilihku, kini engkau ku serahkan tugas supaya menghasilkan buah limpah..

  10. Banyak kenangan Indah saat pertama kalinya saya ke pertapaan rawa seneng karna disana tempatnya sangat menyatu dengan alam dan Tuhan pun menyatu dengan kita ,mungkin agak berbeda dengan retret biasanya,saya pun sudah 3 x pergi kesana tapi sampai sekarang tetap merindukan Alam disana Romo2nya baik2 dulu saya dibimbing dengan Rm Pius skarang sudah Almrhum beliau banyak sekali memberi masukan buat hidup saya san terakhir saya dibimbing oleh romo Suit,mungkin beliau sekarang masih ada karna dalam waktu dekat saya akan kesana lagi,Ziarah Batin,makanannyapun hasil alam sana,cuci piring sendiri,bersihin kamar sendiri,tiap hari diberi susu sapi segar,malah tambah gemuk karna mereka yang mensuplay susu sapi segar ke kota2 dan penghasil keju terbaik karna disana ada Rm dari belanda,he he pokonya kita kesana Seru bangeet oleh2nyapun top bgt dech ,mungkin ada yang mau reservasi ini no tlp Pertapaan Rawa seneng temanggung: 0822-402356

  11. Lowongan untuk semua MUDA – MUDI kaum BERIMAN dimana pun anda berada …..

    Telah dibuka perusahaan besar yang bersekala Internasional membutuhkan berapapun jumlahnya tenaga kerja yang benar – benar mau bekerja keras …..BACALAH IKLAN BERIKUT INI ……

    ” Dicari orang – orang Kristiani yang mau bekerja keras minimal lulus SMP ataupun bisa juga SMA/sarjana dari semua jurusan, laki – laki maupun perempuan dimanapun anda berada dengan tidak membedakan suku ras golongan maupun adat istiadat dengan ketentuan mau tidak menikah( Lajang seumur hidup ), berkarir namun tidak mendapatkan upah berupa uang ataupun kekayaan duniawi sebagai guide/petunjuk dan pelayan bagi orang – orang yang hilang, miskin, lapar dan berbeban berat karena tidak dapat menemukan ALLAH sang pemberi hidup sejati, serta membantu orang – orang yang tidak mampu menemukan diri mereka sendiri, tidak pula menemukan cinta ataupun sesamanya, serta membantu membawa banyak orang menuju pada kerajaan allah. PEMILIK perusahaan akan melengkapi dengan ” MOST ESSENTIAL TOOLS ” ( segala sesuatu yang paling penting dan diperlukan ) untuk menjalankan bisnis ini. Tetapi pelamar harus membawa persediaan energi : Pengabdian, keceriaan, kecerdasan, keteguahn hati serta bersedia hidup dengan KESUCIAN, KEMISKINAN serta KETAATAN untuk berbagi dengan dunia yang hanya memiliki sedikit pengabdian, sedikit keceriaan, sedikit kecerdasan dan sedikit keteguhan dan ketulusan. Bayaran upahmu besar di surga berupa bentuk rahmat – rahmat ! Segera lengkapi lamaran dan antarkan surat lamaranmu beserta persyaratannya ke TAREKAT/ORDO Romo;Bruder;Suster terdekat yang ada di daerahmu kesempatan masih sangat terbuka bagi kamu semua yang benar – benar akan mencari kehidupan sejati, buktikan KALAU KAMU BISA DAN MAMPU SERTA MAU MENJADI PENGIKUT KRISTUS SEJATI….. ”

    TERTANDA
    DIREKTUR UTAMA
    YESUS KRISTUS

    salam dan doa
    Antonius Ariyanto di Temanggung
    Tuhan memberkati ” SEMUA LASKAR KRISTUS BUMI NUSANTARA ” dimana pun berada

  12. Lowongan untuk semua MUDA – MUDI kaum BERIMAN di mana pun anda berada …..

    Telah dibuka perusahaan besar yang berskala Internasional membutuhkan berapapun jumlahnya tenaga kerja yang benar – benar mau bekerja keras …..
    ” Dicari orang – orang Kristiani yang mau bekerja keras minimal lulus SMP ataupun bisa juga SMA/sarjana dari semua jurusan, laki – laki maupun perempuan dimanapun anda berada dengan tidak membedakan suku ras golongan maupun adat istiadat dengan ketentuan mau tidak menikah( Lajang seumur hidup ), berkarir namun tidak mendapatkan upah berupa uang ataupun kekayaan duniawi sebagai guide/petunjuk dan pelayan bagi orang – orang yang hilang, miskin, lapar dan berbeban berat karena tidak dapat menemukan ALLAH sang pemberi hidup sejati, serta membantu orang – orang yang tidak mampu menemukan diri mereka sendiri, tidak pula menemukan cinta ataupun sesamanya, serta membantu membawa banyak orang menuju pada kerajaan allah. PEMILIK perusahaan akan melengkapi dengan ” MOST ESSENTIAL TOOLS ” ( segala sesuatu yang paling penting dan diperlukan ) untuk menjalankan bisnis ini. Tetapi pelamar harus membawa persediaan energi : Pengabdian, keceriaan, kecerdasan, keteguahn hati serta bersedia hidup dengan KESUCIAN, KEMISKINAN serta KETAATAN untuk berbagi dengan dunia yang hanya memiliki sedikit pengabdian, sedikit keceriaan, sedikit kecerdasan dan sedikit keteguhan dan ketulusan. Bayaran upahmu besar di surga berupa bentuk rahmat – rahmat ! Segera lengkapi lamaran dan antarkan surat lamaranmu beserta persyaratannya ke TAREKAT/ORDO Romo;Bruder;Suster terdekat yang ada di daerahmu kesempatan masih sangat terbuka bagi kamu semua yang benar – benar akan mencari kehidupan sejati, buktikan KALAU KAMU BISA DAN MAMPU SERTA MAU MENJADI PENGIKUT KRISTUS SEJATI….. ”

    TERTANDA
    DIREKTUR UTAMA
    YESUS KRISTUS

    Salam dan doa
    Dari Cah Temanggung
    Tuhan memberkati ” SEMUA LASKAR KRISTUS BUMI NUSANTARA ” dimana pun berada

  13. allow…pagi…informasi buat saudara semua teman2 seLaskar Kristus dibumi Nusantara bahwa sekarang di Rowoseneng sudah ada Gua Maria Baru lho…tempat doa bagi umat umum di Susteran Op menambah kekayaan akan tempat untuk mencari Tuhan melalui bunda Maria. Gua Maria tersebut oleh Suster-suster Ordo Pewarta St.Dominikus diberi nama Gua Maria Perantara Rahmat

    • Slmt malam pak. Klo dari jakarta ke Rowoseneng gmn caranya yah? ada no telp sana ngak yang bisa saya hubungin.

      Trm Kasih,

      Tuhan Memberkati.

  14. ….Tempat doa baru….Baru Tempat doa baru ” Gua Maria Pengantara Rahmat ” alamat : Susteran OP Rowoseng Temanggung. Semoga dengan adanya tempat doa baru ini yang pada Hari Minggu 31 November 2008 bertepatan dengan Minggu Adven I telah diberkati oleh Bapak Uskup Agung Semarang bisa mendekatkan diri kita kepada Tuhan Yesus melalui Bunda Maria. Mari kita datang ramai-ramai ke Rowoseneng, selain ke Pertapaan kita bisa sekalian berkunjung ke Gua Maria ini. Salam untuk anda semua…Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria Melindungi..Amin

  15. Mba,

    Keren banget yach kedengarannya. Aku baru mau kesana, tapi koq romo/fraternya tidak mengangkat telponku ya? Takut udah dateng jauh2 dari Jakarta tapi tidak bisa menginap karena kamar sudah penuh. Bole tau berapa hari sebaiknya kita disana? 4 or 3 hari? Mohon infonya. Terimakasih banyak.

    Best regards,
    Katarina, bonjour_katarina@yahoo.com

    • MBak,
      romo2 disana kadang waktu mengangkat telponnya terbatas. COba saja hubungi lagi pas jam 13.00 – 15.00 karena jam itu mereka jadwalkan untuk terima telpon. Soal berapa hari Anda mau menginap di sana, bebas saja anda memilihnya. Dikonslutasikan saja dengan frater2 di sana…

  16. rawa seneng dari namanya saja sudah bikin senang pasti suasananya juga menyenangkan, saya dulu pernah maen kesana dan ikut misa minggu dengan para rahib eh saking syahdunya air mata ikut menetes (terharu) sepanjang misa semua dinyanyikan. pokoknya lain deh kalo misa di rawa seneng suasananya pasti bikin lain dari yang lain

  17. sy tahun 1986 pernah 2 minggu di rowoseneng,tempatnya sungguh indah,mandi di kolam air mancur alami,ngobrol2 sambil perah susu sama frater,dan banyak lagi kenangan indah disana.sabtu besok sy mau mengunjungi kesana lagi bersama teman sy yg di tahun 1986 menemani sy

  18. Salah satu impian dari banyak impian saya yang belum terlaksana adalah berkunjung ke Rawaseneng untuk tinggal 2-3 hari, sebenarnya kepingin lebih lama dari itu dan sendiri, tapi kalau sudah punya keluarga kok rasanya pilihan itu terlalu egois. Apakah memungkinkan pergi dan menginap disana dengan membawa anak balita ?

  19. ini saya lagi di kamar 6, sudah tiga hari di sini bersama jiwa-jiwa yang tenang, bersama kegaduhan alam kontemplatif dan lantunan lagu-lagu gregorian, makin akrab dengan dentang panggilan lonceng kapela. cerita yang terungkap tak mampu menceritakan semua yang ada di sini. datang saja ke rawaseneng. (11 Desember 2009: 09:05)

  20. Rawaseneng memang tempat yang sangat indah,, perjalanan ke sana dipenuhi dengan hutan Pinus,,, dari rumah saya hanya sekitar 5 km an,, berkunjunglah saja ke sana ,, dijamin nggak rugi

  21. rawasenang emang tempat yang cocok buat menjernikan pikiran :d dan merenungkan makna hidup kita ^^

    kalo ada yang pengen tau rute kerawaseneng ngeteng bus email ke gw aja ^^ ntar tak jelasin rutenya :d

    santo_hee@yahoo.com

  22. Rawaseneng… tempat yang luar biasa… kalo ingin semakin dekat dengan Dia di sinilah tempatnya. Perasaan damai dapat kita rasakan di tempat ini.
    Para imam yang mule melenceng dari tugas perutusan pun harus merefleksi diri di tempat ini.
    Rugi dech… kalo hidup cuma sekali belum pernah merasakan suasana di Rawaseneng…
    Namanya jg Rawasenenng, bikin hati jd seneng n tentrem…

  23. Hallo, saya Lucy.

    Saya dari jakarta, ingin ke sana bagai mana caranya yah????

    ada no telp yang bisa saya hubungi???

    Trm Kasih.

    Tuhan memberkati.

    • 1. Dari Semarang Via Kota :
      Semarang – Bawen – Secang – Temanggung – Maron –
      Kandangan {jalur ke Tepusen} kurang lebih 300 m dari
      pertigaan Kandangan ke kiri – Rowoseneng.
      2. Dari Semarang via Jalur Alternatif
      Semarang – Bawen – Ambarawa – Bandungan –
      Sumowono – Kaloran – Tepusen – Rowoseneng
      3. Dari Jogja
      Jogja – Magelang – Secang – Temanggung – Kandangan
      {jalur ke Tepusen} kurang lebih 300 m dari
      pertigaan Kandangan ke kiri – Rowoseneng.
      4. Dari Wonosobo / Purwokerto {Barat}
      Wonosobo – Maron Kandangan {jalur ke Tepusen}
      kurang lebih 300 m dari pertigaan Kandangan ke kiri –
      Rowoseneng.

      ::::: Good Luck :::::

  24. Alfred,
    saya pernah ke sana naik motor (Jakarta ke Rawaseneng)
    jika ingin info hub saya di no. 08811 451303 ato 021 575 2178

    Kris
    St. Anna Jakarta

Leave a Reply

